Tuesday, May 27, 2014

X-Men: Days of Future Past (2014): Mega Superhero with Nothing New

This movie is perfectly fit to be called as Mega-Superheroes movie. Tak cukup menampilkan dua protagonist dari film pertamanya X-Men: First Class, James McAvoy dan Michael Fassbender, sekuel ini juga mengundang dua aktor kawakan dari trilogi X-Men yang lalu, Patrick Stewart dan Ian McKellen. Menggunakan formula klasik time-traveler, sutradara Bryan Singer menyatukan dua tim superhero beda generasi dalam film ini.



Alur cerita time-traveler tak memberikan banyak kejutan dalam plot. Tahun 2014 merupakan masa yang kelam bagi para mutan. Mereka diburu oleh mutant-ish robot bernama Sentinel, yang diciptakan oleh Bolivar Trask (Peter Dinklage) pada tahun 70’an. Sentinel merupakan mesin pemburu yang dapat mendeteksi DNA para mutan dan beradaptasi dengan kekuatan mutan yang mereka hadapi. Sosok Sentinel layaknya malaikat pencabut nyawa. Berkesan horror, dengan alat transportasi berbentuk peti mati, sosok tinggi besar, dingin, dan gerakan ala robotic. Very un-human.

Berlomba dengan Sentinel yang terus mengejar, tim mutant yang dipimpin oleh Xavier tua (Patrick Stewart) dan his on-off-friend Magneto (Ian McKellen) mengirim Logan (Hugh Jackman) ke masa lalu untuk mengubah sejarah. Logan harus menghentikan Mystique alias Raven (Jennifer Lawrence) membunuh Trask, peristiwa kunci dimulainya program Sentinel. Tak hanya itu, untuk mencegah Mystique, Logan harus menemukan Xavier muda (McAvoy) dan Eric muda (Fassbender) terlebih dahulu. Tugas Logan semakin sulit karena pada masa itu Xavier dalam kondisi depresi berat dan ketergantungan obat. Sementara Eric dikurung di Pentagon akibat keterlibatannya dalam pembunuhan JFK (nice touch, Simon Kinberg et all).

Meskipun penuh berhiaskan karakter-karakter mutant dari trilogi sebelumnya, Storm, Kitty, old-Beast, Iceman, dan beberapa mutant lainnya (I don’t want to spoiled the readers), kehadiran mereka tak lantas jadi kejutan yang berbeda. Storm (Halle Berry) hanya memiliki sekitar dua baris dialog lantas terlempar keluar layar. Ellen Page berperan besar bagi cerita tapi minim energi. Sosok Quicksilver/Peter Maximoff (Evan Peters) menyumbangkan energi positif dengan penampilannya. Semuanya mendapat porsi seimbang sebagai pendukung cerita.



Sedangkan McAvoy dan Fassbender terlihat lebih berusaha mengeluarkan kedalaman karakter dibandingkan film pertama mereka. McAvoy berhasil menjelma sebagai pria depresi yang kehilangan segalanya sementara Fassbender penuh ambis dan super keren dengan kostum serta semua pakaian yang dikenakannya (DUH!). Jackman? Ini penampilan ketujuhnya sebagai Wolverine, jelas ia sudah sangat menjiwai. Duet Stewart dan McKellen, tak terlalu berperan besar tapi memuaskan dahaga fans film sebelumnya. Dinklage membawakan karakter Trask dengan mengesankan. Ia tampil dengan begitu innocence, namun sosok dan suara tenangnya memberikan aura mengancam khas main-villain. Dan Lawrence yang benar-benar mencuri perhatian lewat aktingnya. Mengenakan full body make-up sebagai Mystique, emosi, dendam dan kesedihan ia salurkan melalui sorotan matanya. She really steals the entire spotlight!

I’m not fan of Singer last directorial effort, Jack the Giant Slayer (2013). But this movie is much-much-much better than that. The special effect gives the movie a really good fun. The most remarkable scene is the show-stopping set-piece with the faster-than-bullets Quicksilver. He makes the scene like a ballet-bullets show with a good back song. REALLY NICE.

Meskipun hadir dengan plot yang mudah ditebak, dan minim kejutan X-Men: Days of Future Past contoh film bertabur superhero yang digarap dengan matang sehingga memuaskan para penonton. Jenis film yang didambakan semua studio besar, karena selain berhasil mendapatkan review (lumayan) positif, juga meraup keuntungan besar yang membuat Singer akan segera menyusun film ketiga, X-Men: Apocalypse.

1 comment:

  1. hahahha iya bener tuh.. what a waste of money kata gue.. ketebak bingitz...
    ==========================================================================
    POKERDARAT.COM - Agen Poker Terbaik dengan Pelayanan Prima dan Keamanan Terjamin
    Merasa jago main poker???
    Ayo bermain bersama ribuan pemain aktif lainnya dan raih peluang anda memenangkan hadiah hingga ratusan juta rupiah...
    Segera DAFTARKAN diri anda dan Coba keberuntungan anda bersama kami.
    Hubungi Kami di :
    Website : http://pokerdarat.com/
    YM : cs_pokerdarat
    BBM : 2BC439C0
    DAFTAR : http://pokerdarat.com/Register.aspx?ref=888999
    Like Facebook : https://www.facebook.com/PokerDaratCom-1127046880680882/
    Join Grup : https://www.facebook.com/groups/947257861976494/

    ReplyDelete